Cara kerja solar home system



Hari ini jumat 3 Pebruari 2023, saya akan menuliskan cara kerja dari solar home system pada umumnya. dan pada khususnya ada system rakitan. saya perlu menuliskan ini karena banyak pemula yang bertanya-tanya. dan kadang bingung apa yang mau ditanyakan.

oke langsung ke cara kerja systemnya kali ini saya bahas mengenai cara kerja systemnya berdasarkan siwcth on dan off nya untuk cara kerja yang lainnya mungkin saya tuliskan dikesempatan berbeda. disini saya menuliskan ada 3 cara kerjanya.

1. Manual.    untuk solar home system manual maka operator/user menghidupkan dan mematikan system secara manual, memindahkan MTS manual transfer swicth inverter PLN secara manual.ini digunakan untuk sekelas system genset portable.

2. Automatic. type automatic ini setidaknya terbagi dua dengan system timer atau waktu atau menggunakan kapasitas baterai. system timer bekerja dengan pengaturan timer misal system dihidupkan di jam 07.00 pagi dan dimatikan di sore hari. teruntuk system panel surya (PLTS) yang kapasitas baterai belum mampu mencover secara keseluruhan beban rumah. selain mode timer ada type automatic yang bekerja berdasarkan kapasitas baterai, disini digunakan sebuah modul LVD (low voltage disconect) yang akan menghidupkan system berdasarkan tegangan baterai. jika baterai habis ditegangan tertentu maka LVD yang bertugas sebagai sensor akan mematikan inverter dan ATS (automatic transfer swicth) akan memindahkan beban ke sumber PLN.  

3. Prioritas. untuk type prioritas ini adalah perpaduan antara model manual dan automatic. disini user bisa memilih untuk prioritas sumber yang digunakan. prioritas PLN atau prioritas PLTS. 

dari ketiganya tetap dibutuhkan sebuah LVD dan BMS (jika memakai baterai lithium) untuk keamanan baterai agar baterai tetap bisa digunakan dan tidak rusak karena kehabisan daya.  

untuk cara kerja solar home system berdasarkan sumbernya seperti Ongrid, Hybrid atau offgrid akan saya tulis dikesemapatan lain, jangan lupa simak terus di chanel choys army.





Posting Komentar

0 Komentar