Jenis-jenis Cam Compound Bow

Umumnya compound bow mempunyai 4 jenis cam:
1. Single cam atau yg biasa disebut sbgi "Solo cam" oleh Mathews;
2. Dual cam atau juga disebut Twin cam;
3. Binary cam; dan
4. Hybrid cam atau yg biasa disebut sbgi "Cam and 1/2" oleh Hoyt.

Bagaimana ciri2 fisiknya secara umum?
Solo cam: satu cam bulat, dan satu cam lonjong.
Twin cam: dua cam lonjong dengan tali cable bercabang (yoke cable) yg berpangkal pada kedua ujung axle dengan titik poros tetap ketika cam berotasi.
Binary cam: dua cam lonjong dengan tali cable tidak bercabang, atau bercabang seperti pada bowtech dan mathews, yg berpangkal pada titik poros yang berubah ketika cam berotasi.
Hybrid cam: dua cam lonjong, dengan hanya salah satu cam mengunakan sistem binary. Dan satu cam lainnya menggunakan yoke seperti pada twin cam.

Menurut pantauan saya, Hybrid dan Binary cam adalah jenis yg saat ini paling banyak diproduksi dibandingkan dengan jenis cam lain.

Sekilas pandang sepertinya bow dgn IBO speed yg tinggi hampir semuanya menggunakan Hybrid, seperti yg dilakukan oleh PSE yg sejak bertahun2 yll sudah mengeluarkan IBO speed sampe 370fps. Sedangkan Binary cam, baru akhir2 ini aja sanggup ngejar IBO speed sampe 360fps, seperti Bowtech 360.

Binary cam dan hybrid cam dipandang sbgi jenis cam yg balance atau seimbang. Maksudnya tarikan cable atas dan bawah akan saling menyeimbangkan power. Ketika ada terjadi ketidakseimbangan antara tarikan limb atas dan bawah yg bisa diakibatkan oleh diantaranya: putaran limb bolt atas bawah tidak sama; kekuatan limb yg tidak sama, putaran cam timing yg tidak sama. Sehingga cam binary dan hybrid sanggup untuk memaksimalkan nock travel yg sejajar, artinya lontarannya lurus tidak melengkung naik atau pun turun.

Kalo Twin cam, sepertinya sekarang kurang populer pada busur papan atas, mungkin karena agak lebih sulit untuk tuning, atau tuningnya mudah berubah.

Bowtech sering disangka twincam karena ada yoke cable dikedua limb pada sisi 'luar' limb. Sehingga sy jg sempat terkecoh karena terlihat seperti Twin cam. Tapi cara kerjanya sama dengan binary cam karena trnyata sumbu berputarnya tidak berada pada poros tengah. Ini inovasi bowtech yg disebut "Overdrive Binary". Sedangkan Mathews membuat inovasi yg sama terhadap binary dengan menggunakan yoke tetapi berpangkal 'di antara' limb. Jadi, binary cam yg awalnya punya cable nempel di satu sisi cam track, sekarang oleh kedua inovasi tersebut dibuat nempel di kedua sisi cam (dual track), tujuannya adalah untuk meminimalisir cam lean untuk meminimalisir nock travel ke kiri atau pun kanan.

Sumber Indonesia Compound Archery

Posting Komentar

0 Komentar