kelemahan inverter type low frequency

 assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi rekan-rekan pecinta penghoby panel surya atau PLTS pada kesempatan kali ini, memasuki 3 tahun saya memakai inverter type low frekuensi. saya akan menuliskan beberapa kelamahan inverter type low frekuensi. namun sebelum saya tuliskan kelemahan inverter low frekuensi yang saya rasakan selama hampir 3 tahun ini saya terlebih dulu menuliskan apa saja keuntungan atau keunggulan inverter type low frekuensi.

Contoh gambar inverter low frekuensi


keunggulan atau keuntungan type inverter low frekuensi

1. Kit rangkaian lebih ringkas, tidak memerlukan rangkaian High Volt DC seperti pada inverter tipe High Freq

2. Tahan pada beban kejut khususnya beban induksi (kulkas/pompa air) karena inrush current yang sangat tinggi yang dibebankan pada inverter akan ditanggung pada trafo tidak langsung ke mosfet, berbeda dengan inverter high freq yang akan menerima beban kejut atau inrush current langsung pada mosfet H-bridgenya. dengan kata lain inverter Hight frekuensi lebih rawan mbeldosh dibandingkan inverter type low frekuensi.

3. lebih tahan konslet, namanya instalasi rumah tangga itu kadang terjadi konslet, kegagalan relay atau kontaktor ATS. selama saya memakai berkali kali konslet tapi kit inverter saya tetap aman sampai sekarang. ini cocok untuk para pemakai PLTS atau panel surya karena BEP itu lama.... BEP masih jauh.

4. sparepart yang lebih mudah didapatkan jika terjadi kerusakan. berbeda dengan type HF lebih ramping dan kadang memakai komponen SMD yang kecil lebih sulit didapat dan diperbaiki versi kampung saya.

sebelum saya upgrade ke 20 mosfet saya memakai 8 mosfet selama 2 tahun, dan kit lama sudah dibeli teman saya. lihat testimoninya discreenshoot WA ini













adapun kelemahan dari inverter type ini adalah

1. harganya cukup mahal dibandingkan dengan type high frekuensi dengan daya dan kapasitas yang sama.

2. bobotnya sangat berat untuk satu trafo saja minimal 5,X kg untuk 1000VA saya pakai trafonya 15kg untuk 2300va


3. pengerjaan trafo yang kurang bagus lilitannya, panel box inverter yang tipis menyebabkan dengung, getar pada trafo terutama ketika diberi beban induksi.

4. efisiensi inverter rendah

5. daya standby tinggi jika tidak diberi induktor


demikian yang dapat saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya memakai selama hampir 3 tahun ini. kurang dan lebihnya mohon maaf wassalamu alaikum warahmataullahi wabaraktuh.








Posting Komentar

0 Komentar