Cara menghemat listrik kulkas

 Hari ini 31 Januari 2023 kira-kira 3 tahun sudah saya bergabung di group facebook panel surya, saya adalah kaum mendang-mending itu. intinya postingan kali ini adalah cara menghemat tagihan listrik pada kulkas dengan cara mematikan di malam hari pukul 21.00 dan dinyalakan kembali pukul 07.00 tapi dikemas secara modern dengan sonofpowr2, bardi smartbreaker secara time schedule.

ketika saya berstatus penyimak resmi  yang suka membaca postingan di group diskusi panel surya saya baca postingan demi postingan tanpa sadar saya terpapar virus PLTS. mengikuti saran para senior untuk mengetahui kebutuhan panel surya, baterai dan lain-lain dalam rangka memulai pasang PLTS saya beli wattmeter portable. seperti pada video dibawah ini



dengan wattmeter tersebut saya jadi tau perangkat di rumah saya yang paling boros adalah kulkas. lalu saya browsing di pencarian group (karena saya suka membaca bukan bertanya) lalu saya temukan postingan seorang senior yang membagikan tips menghemat kulkas. dari sini saya tau beliau kategori sultan dari jumlah Panel surya terpasang 4300wp (bukan kaum mendang mending lagi)

link di group facebook https://www.facebook.com/groups/168319220513562/search/?q=ignatius%20handoko

saya kutip postingan beliau 

Sekedar sharing saja ya...mungkin agak panjang 😀.....dalam membangun PLTS kita mengalami problem....oh PV saya kurang....oh inverter saya kurang besar...oh aki saya kurang byk...kita selalu focus pada produksi PLTS kita....padahal sebenarnya kita harus seimbang memperhatikan dan mengevaluasi pemakaian listrik kita.
Pemakaian listrik kita tergantung dari KEBUTUHAN dan PERILAKU kita. Sebagai salah satu contoh adalah pemakaian AC....karena AC salah satu momok beban PLTS.
KEBUTUHAN : AC sekarang menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar...tanpa AC kita kegerahan dan gk bisa tidur nyenyak, utk menyiasatinya pilihlah AC inverter.....AC inverter butuh daya besar disiang hari krn perbedaan suhu luar dgn suhu ruangan tinggi namun sangat irit pada malam hari....siang hari terbantu oleh PV dan malam hari bikin irit baterai.
PERILAKU: salah satu hal yg sangat konyol dalam pemakaian AC adalah dgn setting temp. Rendah.... memang tugas AC mendinginkan ruangan sedingin mungkin? apakah perlu setting temp. Serendah mungkin? Apalagi tidur pake AC dan pakai SELIMUT adalah hal yg sangat konyol.... lebih baik setting AC disuhu 26-27°c itu akan lebih nyaman utk tidur dan lebih irit (saya malah setting 28°c😀) ....saya pernah berdebat dgn seorang teman....dia selalu setting AC di suhu 18-20°c dgn alasan gerah gk enak klo panas (memang posturnya tinggi besar jg mungkin sering kegerahan) namun sering kali dia ngeluh badannya sering masuk angin.....saya bilang coba setting ACnya 26-27°c....memang diawal sangat tidak nyaman namun setelah dicoba lama2 nyaman2 juga dan kata teman saya klo bangun pagi badan serasa segar dan enak....drpd dulu sering bangun pagi badan pegel2 dan capek2....jd intinya PERILAKU kita jg mempengaruhi. (Gambar: grafik pemakaian AC inverter 1/2 pk dalam 1hari)
Contoh lain:
kulkas....katanya kulkas harus nyala terus 24x7.....klo gk rusak makanan yg didalam kulkas.....itu iklan nya tukang jualan kulkas 🤣🤣
Saya sudah 1 tahun bahkan lebih....kulkas on dari jam 9 pagi sampe jam 19.30 saja.....apakah makanan saya didalam kulkas rusak? Tentu tidak.....kenapa harus on jam 9 pagi dan off jam 19.30? Kembali lg itu tergantung dari PERILAKU kita. Kenapa off jam 19.30 karena diatas jam 19.30 kita sudah tidak buka2 kulkas lg 😀....(catatan wajib menggunakan timer digital....jangan yg ANALOG)
Contoh lain RICE COOKER/WARMER ato istilah kerennya MAJIGCOM/PENGHANGAT NASI
ini jg salah satu momok beban berat inverter.
Rice cooker saya nyala jam 6 pagi sampe jam 6 sore saja....selain irit jg nasi lebih sehat.....
Dan masih byk lg yg bisa kita evaluasi kebutuhan listrik kita.
Biar gk penasaran saya info jg produksi vs kebutuhan listrik rumah mungil saya.
Produksi:
- PV 4370wp
- Inverter GTIL 1kw on 24 jam produksi rata2 15kwh
- Inverter GTI 1kw on jam 8-17 produksi rata2 3kwh
- Inverter LF 5kw (belum difungsikan...nunggu token PLN habis dulu krn msh tersisa 1079kwh - mungkin 2 tahun baru habis krn pemakaian pln 1,5kwh per hari🤣)
- Inverter HF 2kw hanya saat mati PLN saja sebagai trigger GTIL
- Lifepo4 14,4kw sedikit ngepres krn kebutuhan malam 7-9kwh
Pemakaian:
Msh pake PLN sebagai trigger GTIL rata2 1,5kwh karena token masih banyak (1079kwh)
Rata2 pemakaian listrik 18-19kwh
AC inverter 4 unit (1 unit 1,5pk nyala siang saja namun gk setiap hari, malam hanya 3 unit @1/2pk)
Pompa hidroponik+pompa filter kolam
Pompa air
Mesin cuci
Kulkas
Rice cooker
Kompor induksi 2 tungku
Microwave
Automatic coffee maker
Demikian sharing saya....mungkin ada kata2 yg kurang pas mohon maaf sebelumnya....silahkan bila ada masukan dan saran dari teman2/para suhu...terima kasih #salamebt

berawal dari situ saya  memulai percobaan selama 2 minggu, saya memasang sonofpowr2 di jalur menuju ke kulkas, dan saya dapatkan hasil yang luar biasa 50% energy dan biaya yang biasanya dikeluarkan hanya untuk kulkas.

foto pemasangan sonoffpowR2 di stop kontak kulkas berfungsi sebagai timer schedule on off di jam yang saya tentukan. Dan dibawah ini hasilnya, hari terakhir saya matikan schedule untuk tanda konsumsi energy dari kulkas secara normal.


gambar

sebagai manusia  masakini saya pamerkan di group hasilnya, para pembuly datang. ada yang pro dan banyak yang kontra. saya tampilkan yang pro saja tentunya karena yang kontra sampai saat ini juga suka ngintip. beliau ini tidak ikut  membuly tapi beliau berfikir secara ilmiah beliau membuat sebuah sensor pengukur suhu dan meletakan di dalam kulas untuk mengetahui apakah metode yang saya pakai efektif. postingan beliau kurang lebih seperti ini

penasaran dengan Theori "perih energi" Achmad Chobirin dengan mematikan kulkas malam hari. Saya mencoba melakukan ujicoba untuk mengukur suhu dalam kulkas selama kulkas itu mati malam hari ini untuk menjawab.rasa penasaran
Apakah terjadi kenaikan suhu yg signifikan dalam kulkas atau tidak..?.juga untuk meyakinkan ibu manager rumah ttg tehnik ini aman.. 😀😀
saya gunakan sensor suhu yg saya buat dengan sistem IoT dan power bank sbg Charger kemudian dibungkus plastik hanya sensornya sjaa yang keluar dari plastik.. kemudian semua saya masukan kedalam kulkas tempat makanan (krn ini yg paling rawan) mulai jam 21 malam ke dalam kulkas supaya suhunya lebih stabil dulu.. pada jam 22.30 kulkas saya matikan, perubahan suhu di monitor oleh aplikasi Blynk.. setelah bangun tidur pada jam 5 pagi saya chek... dan ternyata suhunya hanya berubah sekitar 0.32 derajat saja dari awal sekita 4.81 pada pukul 22.30 menjadi 5.13 pada pukul 5 pagi.. terlihat juga pada grafik Suhunya datar saja selama 6 jam pengukuran..tidak ada lonjakan atau perubahan yg signifikan dlm grafik suhu ini.
kesimpulan metode "perih energi" dengan mematikan kulkas hemat saya aman dilakukan at least selama 6,5 jam karena tidak ada perubahan suhu kulkas yang signifikan..
Teori "perih energi" Achmad Chobirin Terbukti aman....at least pada kulkas Polytron yg saya gunakan..bisa jadi hasilnya berbeda pada kulkas lainnya... keputusan menggunakan "perih enegi" atau tidak terserah yg punya kulkas..krn saya tidak ikutan beli atau bayar listriknya 😂



ini screenshootnya


di hari ini genap 2 tahun saya menulis ini sebagai sebuah pengingat sebagai prasasti, dan saya tidak mengajak siapapun untuk mengikuti saya, metode saya. tapi lebih untuk pembelajaran, pengetahuan, ilmu yang perlu dipelajari, dicatat dan dipraktekan bagi yang membutuhkan. 

semoga bermanfaat


Posting Komentar

2 Komentar

  1. apakah bisa diartikan mematikan kulkas setelah jam 21.00 selama 6,5 jam dengan stop kontak timer digital sama bisa dilakukan, maaf terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap betul sekali, dari yang punya ide pertama kali agar menghindari stop kontak timer analog karena sering flicker. Disarankan memakai type digital. Alhamdulillah memasuki 2 tahun saya lakukan dan terbukti menghemat

      Hapus