INVERTER GROUNDING DALAM SYTEM PANEL SURYA

inverter dapat bekerja dengan tanpa di pasangkan ground, tapi ini bisa menjadi potensi bahaya bagi pengguna system panel surya. tanda ketika inverter dalam system panel surya tidak di groundkan adalah ketika di tespen jalur live maupun netral akan menyala semua. seperti pada gambar dibawah ini

perangkat listrik dirumah yang bodynya terbuat dari logam pun ikut nyetrum, biarpun setrum kecil tapi cukup mengejutkan. Satu tahun saya memakai inverter tanpa di grounding istri saya sering kesetrum kaget kalau mau ngecas Hp. 
Skema pemasangan saya memakai skema ini. 
Catatan penting 
Ini untuk Inverter panel Surya jangan diaplikasikan pada meteran PLN karena meteran token type terbaru jika di ground kan akan mengalami error PERIKSA dan kWh meter lebih boros. Jadi netral dari Inverter saya hubungkan dengan arde ke tanah.

Awas jangan salah pasang pastikan netral trafo untuk Inverter type low frekuensi untuk Inverter type high frekuensi biasanya jadi satu dengan negatif baterai.

Setelah dipasangi arde pada netral inverter, di tespen yang menyala hanya bagian live/line saja.
Batang arde di toko besi harganya kisaran 13.000
Kebetulan saya ada besi cor, tapi saya pakai berfungsi dengan baik jangka panjangnya besi akan berkarat kedepan saya ganti dengan arde tembaga yang buatan pabrik.
kedepannya saya ganti batang arde seperti gambar diatas.

Saya rasa cukup jelas, sekedar berbagi sesama pengguna inverter panel Surya. Terimakasih 

Posting Komentar

0 Komentar