Tuning Junxing Compound Bow M120

Apa itu Tuning? saya tidak tau.... mbuh opo

Dalam tafsiran saya sebagai pemula dalam dunia panahan Tuning Bow adalah pengecekan bagian-bagian dari busur apakah bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. kalau dalam tuning ditemukan ada bagian yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka perlu dilakukan fixing atau perbaikan atau servis ya macam definisi Tune up mobil atau motor. sebenernya berbeda arti antara tune up dan servise.

meliputi apa saja itu pekerjaan Tune Up? pengecekan celah busi, timing pengapian. 😄😄😄😄😄😄

1. Pemeriksaan Cam, cable, stelan drawweight dan drawlength, Lean cam, Timing Cam
2. Pemeriksaan Center shot (Arrow rest, Nocking point, D-Loop)

alat yang dibutuhkan :
1. Bowpress
2. Kunci L (ukuran Inchi bawaan) kebanyakan yang beredar di toko sparepart sekitar kampung saya ukuran MM kl ada yang hilang atau rusak pastikan membeli ukuran inchi bukan MM.
3. String Jig dan Serving Jig (kalau memang diperlukan mengganti kabel atau string)

kalau ditemukan dalam proses tuning ada bagian yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka perlu dilakukan perbaikan atau penyesuaian atau bisa juga upgred spare part, lebih extreem lagi beli lagi.

1. Pemeriksaan cam, cable DW, DL. hal ini dilakukan ketika busur pertama kali busur didapatkan. seperti dalam kasus yang saya alami saya membeli Compound Bow Junxing M-120/Dream three hand dari seorang rekan archer. hal yang saya lakukan pertama kali pengecekan DW sesuai kebutuhan saya sebagai Hunter (40 lbs minimum untuk Deer Hunter 50 Lbs untuk Wildboar sesuai arahan para master di situs-situs Bowhunting). selanjutnya menyesuaikan DL sesuai kebutuhan (saya 27,4 Inchi). karena saya beli second tidak disertakan manualnya saya contac langsung ke salesnya via Wa dengan bahasa inggris yang belepotan di +86 139 5390 0903 dikasih gambar ini



dalam pengecekan Cam saya temukan ada kasus bahwasanya cam goyang, pada awalnya saya kira memang kesengajaan dari pabriknya dibuat sedikit goyang saya menafsirkan seperti halnya orang menyetel gardan mobil ada backslash. ternyata saya salah tafsir.goyang itu karena bushing sudah aus (pertama sebelum dibongkar saya kira menggunakan bearing)


kalau bushing ini tidak diganti kita akan kesulitan dalam langkah selanjutnya menyetel centershot, lean cam juga timing. bawa  saja ketukang bubut axle+cam+bushing biar dibuatkan yang baru lebih presisi.

Catatan: dalam menyetel Drawweight jangan pernah Never memutar lebih dari tiga putaran baud stelan pada sebelah sisi harus berimbang dan bergantian satu sama lain. terlalu sering merubah stelan juga bisa merusak drat dan baud serta dudukannya. kalau rusak si tinggal bawa ketukang bubut dibuatkan yang sama bisa asal Limbs dan dudukannya jangan patah saja gantinya repot. ada sih saya lihat di ebay tapi nyampe apa tidak ke indonesia kalau dibayar siapa tau jatuh dilaut.

2. Pemeriksaan Center shot (Arrow rest, Nocking point, D-Loop)



apa itu centershot? saya tidak tau secara rinci tapi intinya arrow sejajar lurus kedepan dengan string disini akan menjadi ngelu kalau lean cam belum dibetulkan lebih-lebih bushing mengalami keausan. jadi pastikan lean cam sudah benar. caranya cukup mudah kendorkan dengan bowpress lalu twist/diplintir sebanyak kira-kira sampai cam menjadi lurus seperti gambar dibawah ini. ada rumusnya satu putaran twist sepersekian inchi dari om bule tapi saya madan ngelu gambling saja untuk penyetelan nocking point dan lain-lain sama saja dengan recurve atau tradbo. gambar dibawah ini menunjukan yoke kabel yang perlu di twist biar string sejajar dengan cam (Panah merah).


itu saja sedikit catatan pemula. mungkin kurang jelas karena keterbatasan penulis sebagai pemula.

ada beberapa hal yang ingin saya tulis tapi nunggu waktu senggang
1. Membuat string dan cable compound bow menggunakan benang PE (bikin ngelu karena benang PE mulur)
2. Membuat bowpres Homemade/DIY
3. Menyetel lean cam, timing cam tanpa bowpres 

Hanya untuk junxing M120. karena saya hanya punya itu.

Time is out waktunya Jumatan








Posting Komentar

0 Komentar